Bajakah Kalbar Satu

Profil Singkat Ahmad Tohari, Download Juga Karya Sastranya

Siapa yang tidak mengenal Ahmad Tohari seorang sastrawan yang sangat terkenal dengan karya-karaya novelnya salah satu diantaranya trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang ditulis pada 1981. Tak lama ini beliau dianugerahi Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (PWI Jateng) Award 2012, dari PWI Jawa Tengah karena karya-karya sastranya yang dinilai mampu menggugah seluruh dunia.
Ia lahir di Tinggarjaya Jatilawang, Banyumas Jawa Tengah tepat pada 13 Juni 1948 yang silam, Ahmad Tohari meluluskan sekolah tingkat SMA di Purwokerto. Setelah itu beliau melanjutkan studi nya di Fakultas Ilmu Kedokteran Ibnu Khaldun, Jakarta (1967-1970), Fakultas Ekonomi, Universitas Sudirman Purwokerto (1974-1975), dan Fakultas Sosial Politik, Universitas Sudirman (1975-1976).

Ahmad Tohari sudah banyak membuat karya tulisnya seperti novel, cerpen dan secara rutin pernah mengisi kolom Resonansi di harian Republika. Karya-karyanya juga telah diterbitkan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Tionghoa, Jepang,  Jerman dan Belanda. Novel Ronggeng Dukuh Paruk contohnya, bahkan pernah ia terbitkan dalam versi bahasa Banyumasan Jawa Tengah, yang kemudian mendapat penghargaan Rancage dari Yayasan Rancage Bandung pada tahun 2007.

Beberapa karya novelnya:

0 Response to "Profil Singkat Ahmad Tohari, Download Juga Karya Sastranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Pasang iklan di Kalbar Satu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bajakah Kalbar Satu